Pages

Subscribe:

Labels

Sabtu, 23 Juni 2012

Ciri-ciri Hamster Hamil dan Cara Perawatannya

Ciri-Ciri Hamster Hamil

Cara Merawat Hamster Hamil
Hamster Hamil
  • Munculnya puting susu yang terlihat jelas.
  • Bentuk tubuh yang gemuk kedepan (seperti buah pir). Umumnya hamster yang bukan karena hamil, gemuknya itu ke samping.
  • Terlihat seperti tidak biasanya. Lebih agresif, suka menggigit dan cenderung mondar-mandir di kandang seolah tidak tenang.
  • Lebih banyak makan dan minum.
  • Sering mengumpulkan dan menimbun makanan di suatu tempat.

Cara Merawat Hamster Hamil

  1. Pertama, pisahkan induk / betina dari si pejantan, kalau memang sebelumnya disatukan. Nah sekarang dipisah, kenapa? Induk hamster yang sedang hamil biasanya cenderung agresif.
  2. Siapkan kandang yang berukuran jangan terlalu kecil, ukuran akuarium mungkin cukup. Tujuannya agar si induk tidak mengalami stres karena kandang yang sempit, agar lebih leluasa bergerak dan membuat rumah-rumahan untuk anaknya.
  3. Usahakan dibersihkan terlebih dahulu kandang tersebut. Keluarkan juga mainan hamster seperti swing tunnel dan jogging wheel, tujuannya agar si induk tidak mengalami keguguran saat hamil.
  4. Siapkan serbuk kayu sebagai alas kandang dan potongan kain atau tisu untuk membuat rumah-rumahan. Jangan lupa untuk menyiapkan pasir zeloit sebagai toilet, tujuannya untuk menjaga kandang tidak mudah kotor akibat air urin atau kotoran Hamster.
  5. Setelah itu bagaimana? ya sudah, biarkan si induk membuat rumah-rumahan sendiri dari bahan-bahan yang sudah kita siapkan tadi.
  6. Usahakan suasana rumah jangan terlalu ramai, karena ini adalah faktor utama penyebab induk mengalami stress ketika hamil. Untuk sementara, kalau memang sebelumnya kandang Hamster sobat berada di ruang keluarga atau di kamar, sekarang pindahkan ke tempat yang jarang dikunjungi orang rumah, misal: gudang. Tapi juga pastikan keadaan gudang aman dari jangkauan hewan lain semisal tikus atau kucing atau kecoa mungkin.
  7. Selanjutnya, aktifitas kita hanya mengawasi hingga induk melahirkan. Jangan lupa untuk selalu memberikan makanan yang bergizi untuk hamster hamil seperti sayuran semisal wortel, kubis, kacang-kacangan atau biji pelet yang juga baik sebagai penyeimbang protein. Putih telur rebus dan roti juga baik sebagai alternatif makanan hamster hamil.
Sumber :
http://aguswijanarko.com/hamster/cara-merawat-hamster-hamil/

3 komentar:

muhammad fazrin nahar mengatakan...

bagus mbak blognya.lagunya siapa ini mbak?

Unknown mengatakan...

Kalau pas disatuin jantan dan betina,gak tau udh kwin atw blm.. Kalau udah,Kira2 berapa lama hamster betina baru hamil..?

Unknown mengatakan...

kalau misalnya hamster nya gagal disatuin lagi ya,dan satu lagi ciri-cirinya kalau gagal bagaimana....?

Posting Komentar

Check It Out